"Pendaftaran Kelas Skenario Tatap Muka sudah dibuka. Daftar via: daftar@tulissekarang.com atau tlp 021-34220888."
  • "Saya sih merasa dapat banyak pelajaran karena konsep mengajarnya Mas Aris enak dan mudah" - Siksta Alia, Murid Penulisan Skenario Dasar
  • "Bagi saya menulis itu ekspresi diri, tidak hanya untuk kepuasan tapi juga sebuah kebutuhan. " - Dini Fitria, Workshop Penulisan untuk TV.
  • "Mas Aris terus memberi masukan terhadap jalan cerita. Penulis cerita diajak berpikir ulang." - Erna FP, Penulisan Skenario Dasar
  • "Materi disertai dengan contoh skenario yang sudah dikenal oleh peserta, memudahkah peserta." - Indri Susanti, Workshop Penulisan untuk TV.

Jack Sparrow

Oleh: Vanny Prihatiningsih

Vanny Prihatiningsih adalah seorang mahasiswa, yang menjadi salah seorang peserta terbaik di angkatan 1 kelas penulisan novel dasar online dengan pengajar Clara Ng. Tulisan ini adalah karya yang ia buat ketika mengikuti kelas

 

Cerita ini tentang seekor anjing hitam, dengan kaki depan sebelah kanan yang cacat sejak lahir, dan mata kiri yang tidak bisa dibuka, sedikit bengap seperti habis kena pukul. Dia selalu bertanya-tanya, untuk apa dirinya dilahirkan, sementara tidak ada satupun makhluk di dunia ini yang menginginkan kehadirannya. Ibu dan kakak-kakaknya tidak mengganggap dirinya keluarga. Jika ibu memanggil kakak pertamanya dengan sebutan si Cantik, dia lebih akrab dengan panggilan Jelek, Jauh-jauh Dariku, Pergi Sana, atau cukup dengan sebutan Dia. Tidak ada yang mau bersusah-susah menyediakan nama untuknya.

 

Tatkala anjing malang itu kuat berjalan, dia pergi meninggalkan kolong jembatan tempat kelahirannya. Entah nasib sial apa yang menguntitnya semenjak lahir, karena ketidak hati-hatiannya, dia terjerumus masuk ke sungai saat hendak melepas dahaga. Untung saja seseorang menyelamatkannya dan menyerahkannya ke pusat adopsi anjing.

 

Disana dia berkenalan dengan seekor anjing cokelat-putih bernama Coki yang menyebut anjing hitam itu Bajak Laut, karena jalannya yang terpincang-pincang dan sebelah matanya yang tidak bisa membuka. Di tempat itu, dia melihat anjing-anjing datang dan pergi silih berganti, sementara dia tetap di kandangnya, tidak dilirik sama sekali, apalagi dipungut. Tidak heran, siapa yang mau memelihara bajak laut di rumahnya?

Ternyata dugaannya salah, justru seorang gadis manis berumur dua belas tahun mengadopsinya. Untuk pertama kali dia dipeluk oleh seorang manusia, dibelai dengan sayang. Dia bingung, apa yang merasuki gadis kecil ini, sampai akhirnya gadis kecil itu berkata pada ayahnya, "Ayah, lihat, dia seperti bajak laut. Mulai sekarang, aku memanggilnya Jack Sparrow. Hai, Jack Sparrow, namaku Lista."

 

Sejak saat itu, anjing hitam pincang dan buta sebelah itu bernama Jack Sparrow. Dan Jack Sparrow memiliki tuan yang manis bernama Lista.

 

Jack Sparrow sungguh menyayangi Lista. Dia mengagumi ketulusan, kebaikan, dan kepolosan majikannya. Lista sendiri juga sangat menyayangi Jack Sparrow. Lista anak yang pemalu, dan Jack Sparrow adalah teman pertamanya, pendengar setianya. Hubungan mereka sungguh erat. Jack tahu kapan Lista sedih, dan Lista seakan-akan bisa memahami maksud Jack.

 

Ketika Lista SMA, teman-temannya ketakutan melihat Jack karena anjing itu telah berubah menjadi anjing hitam besar yang tampak galak. Tapi Lista membelai Jack dengan sayang, sementara Jack menggoyang-goyangkan ekornya dengan manja. Jack tidak terlalu mempedulikan teman-teman Lista. Tapi ada satu teman lelaki Lista yang tidak disukai oleh Jack.




All Rights Reserved by PlotPoint © 2010

 

Designed by: DNDA Design | Developed by: MagicBeans & Studio72